Penerbitan KTP-el yang hilang wajib lampirkan surat pernyataan bermaterai

Menindaklanjuti surat edaran dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Nomor 471/742 tanggal 21 Agustus 2015 perihal Penerbitan KTP Elektronik tahun 2015, disampaikan dengan hormat bahwa sehubungan dengan telah dilimpahkannya kewenangan penerbitan KTP elektronik (KTP-el) kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, terdapat beberapa hal yang perlu diinformasikan sebagai berikut :

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Keendudukan Pasal 64 angka (7), bahwa KTP-el bagi WNI berlaku seumur hidup. Selanjutnya Pasal 101 huruf c menerangkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU No. 24 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup.

Sehubungan dengan hal tersebut, apabila ada penduduk yang mengajukan pemohonan pembaharuan KTP-el dikarenakan alasan masa berlaku, mohon untuk tidak dilayani. Pelayanan penerbitan KTP-el pengganti diberikan kepada permohonan penggantian KTP-el dikarenakan perubahan data, KTP-el rusak, atau KTP-el hilang.

Khusus untuk pengajuan permohonan penggantian KTP-el dikarenakan hilang, sebelum membuat laporan kehilangan dari Kepolisian Republik Indonesia, penduduk yang bersangkutan diwajibkan untuk membuat surat pernyataan bermaterai dengan diketahui Dukuh, Desa, Kecamatan dengan format sebagaimana terlampirSURAT PERNYATAAN BERMATERAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *