SEPUTAR UPACARA 17 AGUSTUS

Penaikan Bendera Merah Putih

Penaikan Bendera Merah Putih

Tema mengenai Upacara 17 Agustus memang masih lama untuk kita peringati, namun tema ini hanya sekedar gambaran tentang bagaimana pelaksanaan upacara tersebut di Tingkat Kecamatan Sleman. Sejak Tahun 2011 Kecamatan Sleman telah mengadakan Upacara Bendera peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Petugas Paskibraka Lengkap. Diawali di Lapangan Desa Pandowoharjo pada saat itu Paskibraka hanya bertugas pada waktu penaikan bendera. Namun, sejak tahun 2012 yang lalu tepatnya di Lapangan Desa Trimulyo Paskibraka bertugas pada saat upacara penaikan bendera dan upacara penurunan bendera. Paskibraka yang bertugas adalah dari SMAN 2 Sleman.

Paskibraka SMAN 2 Sleman

Paskibraka SMAN 2 Sleman

Rangkaian Upacara Bendera 17 Agustus di Kecamatan Sleman diterapkan dengan sistem bergilir setiap desa sebagai lokasi upacaranya. Pada tahun 2013 ini direncanakan upacara akan diselenggarakan di Lapangan Desa Caturharjo dengan petugas paskibraka dari SMAN 1 Sleman. Sedangkan pada tahun 2014 direncanakan diadakan di Desa Triharjo.

Hanya satu desa yang tidak mendapatkan giliran sebagai lokasi upacara 17 Agustus yaitu Desa Tridadi. Alasan bahwa Desa Tridadi tidak ditunjuk sebagai lokasi mengingat Komplek Pemda Sleman yang berada di wilayah Desa Tridadi pada setiap tahunnya menggelar upacara serupa, sehingga dicukupkan upacara yang digelar adalah upacara dari Pemda Sleman.

Sistem bergiiran ini dimaksudkan agar warga masyarakat dapat ikut serta dalam kegiatan ini, karena dalam setiap Upacara 17 Agustus Tingkat Kecamatan Sleman warga masyarakat juga dilibatkan.

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>