TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Sleman No. 107 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Kecamatan sebagai berikut:

1. Kecamatan Sleman merupakan wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah yang dipimpin oleh Camat yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

2. Camat Sleman mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan umum, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat serta melaksanakan sebagian usuran pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati.

3. Dalam melaksanakan tugas, Camat Sleman mempunyai fungsi:

    a. penyusunan rencana kerja Kecamatan;

   b. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan umum, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan pelaksanaan

       sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati;

   c. pelaksanaan urusan pemerintahan umum;

   d. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan desa;

   e. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;

   f. pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;

   g. pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;

   h. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan;

   i. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

    j. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;

   k. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;

    l. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pelayanan umum yang dilimpahkan Bupati; dan

   m. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

4. Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

5. Seksi dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris.

6. Subbagian dipimpin oleh kepala subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan adalah sebagai berikut :

1 Sekretariat.

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan urusan umum, urusan kepegawain, keuangan, kepegawaian, urusan keuangan, urusan perencanaan, dan evaluasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi.

Sekretariat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

a. penyusunan rencana kerja sekretariat dan kecamatan

  1. perumusan kebijakan tehnis kesekretariatan.

  2. penyelenggaraan urusan umum.

  3. penyelenggaraan urusan kepegawaian.

  4. penyelenggaraan urusan keuangan.

  5. penyelenggaraan urusan perencanaan dan evaluasi.

  6. pengkoordinasian pelaksanaan tugas satuan organisasi lingkup kecamatan, dan

  7. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja sekretariat dan kecamatan.

1.1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyiapkan bahan pelaksanaan urusan umum dan urusan kepegawaian.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

  2. perumusan kebijakan tehnis pelaksanaan urusan umum dan urusan kepegawaian.

  3. pengelolaan persuratan dan kearsipan.

  4. penyusunan bahan rencana kebutuhan, kepegawaian, pengembangan pegawai, kepangkatan, hak dan kewajiban pegawai, pembinaan pegawai serta tata usaha kepegawaian, dan

  5. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

1.2. Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi mempunyai tugas menyiapkan bahan pelaksanaan urusan keuangan, urusan perencanaan dan evaluasi.

Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi;

  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan keuangan, urusan perencanaan dan evaluasi;

  3. pengkoordinasian penyusunan rencana kerja Sekretariat dan rencana kerja Kecamatan;

  4. pelaksanaan perbendaharaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan;

  5. pengkoordinasian evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kerja Sekretariat dan pelaksanaan kerja Kecamatan; dan

  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.2. Seksi Pemerintahan

2. Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan dan melaksanakan pengoordinasian dan

    pembinaan penyelenggaraan pemerintahan.

    Seksi Pemerintahan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

    a. penyusunan rencana kerja Seksi Pemerintahan;

    b. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan umum, dan pembinaan dan pengawasan kegiatan desa;

    c. pelaksanaan urusan pemerintahan umum;

    d. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan desa;

    e. pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;

    f. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pemerintahan yang dilimpahkan Bupati; dan

   g. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Pemerintahan.

3. Seksi Ketenteraman dan Ketertiban

Seksi Ketenteraman dan Ketertiban mempunyai tugas mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Ketenteraman dan Ketertiban dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

a. penyusunan rencana kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban;

b. perumusan kebijakan teknis pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta pengkoordinasian

    penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;

c. pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;

d. pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;

e. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan Bupati; dan

f. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban.

3. Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan, mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan dalam melaksanakan tugas berfungsi:

a. penyusunan rencana kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan;

b. perumusan kebijakan teknis pengoordinasian pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan serta

    pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

c. pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan;

d. pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

e. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan Bupati; dan

f. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

4. Seksi Kesejahteraan Masyarakat

Seksi Kesejahteraan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup kesejahteraan masyarakat dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Kesejahteraan Masyarakat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

a. penyusunan rencana kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat;

b. perumusan kebijakan teknis pemberdayaan masyarakat lingkup kesejahteraan masyarakat;

c. pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup kesejahteraan masyarakat;

d. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan Bupati; dan

e. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat.

5. Seksi Pelayanan Umum

Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas melaksanakan pelayanan umum dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Pelayanan Umum dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pelayanan Umum;

  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;

  3. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;

  4. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pelayanan umum yang dilimpahkan Bupati; dan

  5. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Pelayanan Umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *