ADA SHOOTING FILM DI DESA TRIDADI

Shooting film kali ini yang diangkat bukanlah film action, film komedi, film drama atau film sejenis garapan Sutradara kondang Hanung Bramantyo. Namun, kegiatan shooting ini adalah dalam rangka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang pada tahun 2013 ini bermaksud membuat film dokumentasi berdurasi 30 menit yang mengangkat profil Desa Tridadi Sleman sebagai DESA SIAGA AKTIF MANDIRI.

Desa Siaga Aktif Mandiri merupakan kondisi masyarakat desa yang memiliki kesiapan sumberdaya potensial dan kemampuan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri untuk menciptakan desa sehat. Tujuan secara umum adalah percepatan terwujudnya masyarakat desa yang peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri.

Di Kabupaten Sleman setidaknya terdapat  tiga Desa Siaga Aktif Mandiri, yaitu :

  1. Desa Tridadi, Sleman
  2. Desa Pandowoharjo, Sleman
  3. Desa Sidorejo, Godean

Suatu prestasi tersendiri ketika Kecamatan Sleman menyumbang dua Desa Siaga Aktif Mandiri, bahkan Desa Tridadi merupakan yang terbaik di Kabupaten Sleman. Kementrian Kesehatan hanya mendokumentasikan dua desa se-Indonesia, satu di Desa Tridadi, sedangkan satu lagi di salah satu desa di Kalimantan Tengah.

Kegiatan pendokumentasian dilaksanakan pada 15 – 22 September 2013 bekerjasama dengan PANMultimedia Jakarta. Adapun hasilnya akan dibuat dalam bentuk CD sejumlah 1000 keping dan akan dibagikan secara gratis kepada peserta Hari Kesehatan Nasional di Jakarta.

Semoga dengan dijadikannya Desa Tridadi sebagai Desa Siaga Aktif Mandiri derajat kesehatan masyarakat dapat terus meningkat dan menjadikan inspirasi bagi desa-desa lain di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *