Festival Bregada Parajurit dan Pentas Seni Teater Tradisi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan kegiatan Festival Bregada Parajurit Tradisional dengan bentuk kegiatan Arak-arakan atau karnaval yang bersifat atraktif, kompetitif, dan apresiatif. Arak-arakan yang menggambarkan kebesaran, heroisme dan semangat keprajuritan. Nantinya para peserta diwajibkan melakukan display di depan tamu kehormatan dengan penggambaran tokoh yang diceritakan. Rute arak-arakan akan dilaksanakan dari Lapangan Denggung s/d Lapangan Pemda. Maksud dan tujuan dari Festival Bregada ini antara lain :
  • Menumbuhkembangkan dan mengapresiasi paguyuban bregada prajurit tradisional yang ada di masyarakat
  • Wahana aktivitas dan kreativitas bagi paguyuban bregada keprajuritan di Kabupaten Sleman
  • Mengenang, menghormati dan menghargai jasa-jasa serta semangat pengabdian tokoh/ orang yang berjasa pada masyarakat di wilayahnya

Festival Bregada akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 September 2016 dimulai pukul 13.00 WIB diikuti oleh 17 Kecamatan dengan perwakilan dua kelompok setiap kecamatan. Kelompok Bregada yang akan mewakili Kecamatan Sleman adalah :

  1. Bregada Sunan Kedung, berasal dari Padukuhan Keceme, Desa Caturharjo
  2. Bregada Dandang Rekso, berasal dari Padukuhan Sawahan, Desa Pandowoharjo
Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah Pentas Seni Teater Tradisi Kerakyatan dengan bentuk selain kethoprak, seperti : Sampakan, Kethoprak Lesung, Jeber Jues, Dadhung Awuk, Kethek Ogleng, Srandul, Srunthul, Langentaya, Emprak. Pentas Seni Teater Tradisi Kerakyatan akan dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu tanggal 23 – 24 September 2016 dimulai pukul 18.30 WIB bertempat di Kompleks Serbaguna, Denggung.
Kelompok yang mewakili Kecamatan Sleman berasal dari P.S. Bayu, Padukuhan Pajangan, Desa Pandowoharjo yang akan mementaskan Kesenian Srandul.
Kedua kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman merupakan perlombaan yang memperebutkan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *