KEGIATAN DI DESA CATURHARJO

Pada hari Jum’at tanggal 8 Maret 2013 yang lalu tepatnya di Balai Desa Caturharjo telah diadakan beberapa kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si.
Kegiatan tersebut merupakan lintas sektoral, dari kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, dan kesehatan masyarakat. Ketiga kegiatan tersebut saling bersinergi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Dalam kegiatan tersebut telah dikukuhkan Forum Kemitraan Pengusaha se-Desa caturharjo oleh Bapak Camat Sleman Drs. H. Hery Sutopo, MM,M.Sc. Forum tersebut membawahi 31 perusahaanse-Desa Caturharjo dengan sekretariat di PT BMB Eksport. Forum kemitraan tersebut berkomitmen untuk berpartisipasi dalam penanggulangan kemiskinan di Desa Caturharjo.
Kegiatan selanjutnya adalah Penetapan Desa Caturharjo Sebagai Desa Stop BABS. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan mengubah perilaku masyarakat dari sebelumnya masih melakukan BABS kemudian diarahkan untuk selalu melakukan BAB di tempat yang semestinya. Pada intinya adalah menyadarkan masyarakat dengan memunculkan rasa jijik, malu, dan kotor jika masih melakukan BABS. Pada akhirnya masyarakat Desa Caturharjo mulai sadar bahwa kesehatan dapat dimulai dengan sikap individu yang kemudian memicu sikap masyarakat disekitarnya, sebagai bagian dari Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
Kegiatan berikutnya adalah penandatanganan Kesepakatan Kerjasama antara Dekan Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta dengan Kecamatan Sleman tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Ruang lingkup kesepakatan bersama ini antara lain dalam bidang : Pendidikan dan peltihan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kajian tentang Sumber Daya Alam, Pengabdian kepada masyarakat, dan Pengembangan masyarakat berbasis agribisnis.
Ketiga kegiatan di atas bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik melalui pemberdayaan masyarakat maupun dari kesehatan masyarakat. Jika tingkat kesehatan masyarakat tinggi, maka masyarakat dapat bekerja, dapat memberdayakan diri sendiri, sehingga kesejahteraan ekonomi dapat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *