KUNJUNGAN TIM ACCESS KE KECAMATAN SLEMAN

Pada hari ini, Kamis, 11 April 2013 pukul 14.30 WIB Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Sleman menerima kunjungan tim ACCESS (Australian Community Development and Civil Society Strenghtening Scheme) di Balai Desa Pandowoharjo, Tim ACCESS berjumlah sekitar 23 orang berasal dari Provinsi NTB dan Sulawesi Tenggara.

ACCESS merupakan program kerjasama antara pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat dan organisasinya agar mampu berinteraksi aktif dengan pemerintah untuk meningkatkan efektivitas pembangunan. ACCESS menyediakan dukungan melalui organisasi masyarakat sipil di 20 kabupaten di kawasan Indonesia timur.

Tim ACCESS bertujuan melakukan studi banding mengenai kiprah dari TPK Kecamatan Sleman, TPK Desa Pandowoharjo, dan TPK Padukuhan Plalangan selama tahun 2012 hingga tahun 2013 ini yang telah dikukuhkan sebagai Juara Umum TPK Award Tingkat Kabupaten Sleman. Kunjungan Tim ACCESS didampingi oleh TKPKD Kabupaten Sleman yang diterima langsung oleh Ketua TPK Kecamatan Sleman Ibu Dra Siti Wahyu P, Kepala Desa Pandowoharjo Bapak H.R. Bambang Harmiyanto , dan segenap perangkat desa.

Di Balai Desa Pandowoharjo Tim ACCESS menerima presentasi wakil Ketua TPK Kecamatan Sleman Bapak Suhardiyanto/Ipong mengenai program tahun 2012 yang telah dilaksanakan, rencana program kerja tahun 2013, dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2013 ini.  Presentasi dari Bapak Suhardiyanto/Ipong mendapatkan respon positif dari segenap hadirin dengan berbagai pertanyaan yang mengarah pada bagaimana kinerja TPK di Kecamatan Sleman, Desa Pandowoharjo, dan Padukuhan Plalangan dapat menjalankan tugas selama ini.

Kunjungan Tim ACCESS kemudian dilanjutkan ke Padukuhan Plalangan, Pandowoharjo, Sleman untuk melihat langsung kinerja TPK Kecamatan Sleman khususnya TPK Desa Pandowoharjo dan Padukuhan Plalangan. Tim ACCESS disuguhi hasil kinerja TPK dalam berbagai program diantaranya Bedah Rumah, Pengelolaan Sampah Mandiri, Pembudidayaan Perikanan, Pemanfaatan Lahan Pekarangan,  Pemberdayaan Masyarakat Lokal dalam Perekrutan Tenaga Kerja di Annet Sofa, dan lain-lain.

Semoga dengan kunjungan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *