PATROLI TERPADU MUSPIKA SETIAP MINGGU “LEGI”

Kecamatan Sleman sebagai pusat Ibukota Kabupaten tentu saja dengan kompleksitas warga dan permasalahan perlu mendapatkan perhatian khusus. Pencegahan tindak kejahatan maupun kerawanan sosial lainnya perlu perhatian seluruh pihak, terutamapara pemangku kepentingan di wilayah  Kecamatan Sleman dan masyarakat itu sendiri.
Untuk mencegah, mengawasi, dan menanggulangi permasalahan di wilayah Kecamatan Sleman dibentuklah kegiatan Patroli Terpadu.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh segenap Muspika Kecamatan Sleman.
Jika jajaran Muspika menggelar Patroli Terpadu, masyarakat juga diarahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing.
Munculnya Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat dapat menjadi sarana untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
Forum tersebut berfungsi sebagai ajang sosialisasi “COP” (COMMUNITY OF POLICE / CIVIL OF POLICE), yaitu menjadikan setiap individu/orang menjadi “polisi”, walaupun tidak harus menjadi anggota polisi/berseragam polisi, sehingga menjadi taat pada peraturan perundang-undangan, menjaga keamanan dan ketertiban diri pribadi, keluarga, dan masyarakat sekitar.
COP diharapkan menjadi jurus ampuh dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat mengingat perkembangan tindak kriminalitas dewasa ini. Jadi dengan adanya perhatian dari Muspika dan kesadaran masyarakat dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *