PENTAS FKY 2015


IMG_20150821_203023aDinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman meramaikan gelaran Festival Kesenian Yogyakarta Tahun 2015 yang pada tahun ini digelar di Lapangan Sendangadi, Mlati, Sleman pada tanggal 21 – 23 Agustus 2015. Sebanyak 17 Kecamatan se-Kabupaten Sleman ikut serta dalam memeriahkan acara dengan mengirimkan kelompok kesenian yang  dipentaskan  setiap malam dimulai pukul 18.30 WIB.

Kecamatan sleman dalam kesempatan ini mengirimkan kelompok Ketoprak Gito Gati dari Padukuhan Pajangan, Pandowoharjo. Lakon yang dibawakan bercerita tentang Damarwulan-Minakjinggo. Penonton tampak menyemut ketika pertunjukan dimulai dan tidak beranjak dari tempat duduk hingga pertunjukan selesai. Penonton baik tua, muda, bahkan anak-anak tampak sangat menikmati ketoprak yang dipertunjukkan dengan riuh tepuk tangan dan gelak tawa mengikuti alunan cerita yang dimainkan. Ternyata masyarakat kita masih memiliki minat tinggi terhadap kesenian tradisional di tengah-tengah badai modernisasi di masyarakat kita.

Satu hal yang disayangkan dari pagelaran FKY di Lapangan Sendangadi terkait posisi panggung yang tertutup oleh stan-stan pameran sehingga kurang terlihat dari luar. Meskipun ada kekurangan, namun di dalam area panggung penonton tetap saja ramai menikmati setiap pertunjukan. Semoga ditahun-tahun mendatang pelaksanaan FKY di kabupaten Sleman lebih ditingkatkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *