Pentas Wayang Kulit

wayang

Hari Kamis (19/8) bertempat di Balai Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman menggelar Pentas Wayang Kulit Dalang Cilik. Pentas digelar masih dalam rangka memperingati hari Jadi ke-100 Kabupaten Sleman dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Pentas Wayang Kulit menampilkan dalang lokal Kecamatan Sleman yaitu Giank Bayu Tetuko dengan lakon Babad Alas Mrentani.

Tidak hanya sekedar pentas wayang kulit saja, namun ada misi yang ingin disampaikan oleh Kecamatan Sleman yaitu mengenalkan kebudayaan kepada generasi muda yaitu dengan menghadirkan siswa tingkat SD hingga SMP di wilayah Kecamatan Sleman untuk menyaksikan pentas. Sekolah yang dihadirkan yaitu :

  1. SDN Jetis Harjo
  2. SDN Caturharjo
  3. SDN Keceme
  4. MI Al Muttaqien
  5. SMPN 1 Sleman
  6. SMPN 2 Sleman
  7. SMP Kanisius Sleman

Sebelum pentas dimulai dilaksanakan Penyuluhan tentang Wayang secara interaktif. Dialog antara pemateri dan siswa dilaksanakan dengan menarik dan meriah karena pemateri menyiapkan hadiah sebesar Rp 50.000,- bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan seputar wayang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sleman, Camat Sleman, perwakilan Kapolsek Sleman, Danramil Sleman, Kepala KUA Kecamatan Sleman, Para Kades se-Kecamatan Sleman beserta Perangkat Desa, dan Para Guru Pendamping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *