Sosialisasi Penggunaan Sosial Media di Pemerintahan

Sosialisasi Penggunaan Sosial Media di Pemerintahan yang diadakan oleh Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman di Ruang Bima lantai 3 BKD diikuti oleh pengelola subdomain instansi se-Kabupaten Sleman.

Sosialisasi menyinggung tentang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah.

Salah satu tugas humas pemerintah adalah menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing kepada publik, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah. Untuk itu, diperlukan upaya-upaya kreatif dan persuasif dalam pelaksanaan misi tersebut.

Humas pemerintah harus mengkomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui media tradisional, media konvensional, dan media baru. Komunikasi yang menggunakan media baru atau teknologi internet dapat menjangkau langsung dan cepat kepada semua pihak.

Salah satu goal utama dari pemanfaatan sosial media adalah membentuk Top of Mind (TOM) di masyarakat. Membangun opini publik yang membentuk citra positif. Semakin sering instansi menyapa masyarakat, semakin besar peluang instansi tersebut untuk menjadi TOM.

Dari sosialisasi tersebut disimpulkan bahwa sudah saatnya instansi pemerintah menyapa masyarakat melalui media sosial yang umum digunakan seperti facebook, whatsapp, instagram, twitter, youtube dll. Pemanfaatan media sosial harus sesuai dengan koridor pemerintah sehingga tidak memunculkan polemik dikemudian hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *