TABO SUDAH MULAI “MENULAR”

TABO alias Tanggap Bocah merupakan kelompok bocah/anak-anak yang menjadi juru pemantau jentik nyamuk di lingkungan rumah tangga. Embrio TABO berasal dari Padukuhan Ganjuran, Caturharjo yang terdiri dari anak-anak usia SD-SMP dan ini adalah yang pertamakalinya di Kabupaten Sleman.
Tujuan keberadaan TABO adalah untuk menurunkan angka jentik nyamuk yang berpotensi menimbulkan penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk seperti Demam Berdarah maupun Malaria dengan melakukan pengecekan rutin di lingkungan rumah tangga.
Jika ditemukan ada rumah yang terdapat jentik nyamuk segera diberi tanda dengan bendera warna pink. Maksudnya agar penghuni dan masyarakat segera waspada dan melakukan pembersihan lingkungan tempat tinggal nyamuk.
Pada saat ini TABO sudah mulai “menular” di seluruh desa se-kecamatan Sleman bahkan kecamatan lain di Kabupaten Sleman.
Sudah mulai terbentuk TABO-TABO lain di wilayah Kecamatan Sleman dan daerah lain di Kabupaten Sleman tentu saja menjadi hal yang sangat membanggakan dikarenakan masyarakat sudah mulai sadar akan kesehatan dengan melakukan tindakan pencegahan secara mandiri.
Sebuah aksi penularan secara positif dengan menyebarkan aksi kebaikan bagi kesehatan, bukan penularan secara negatif dengan menularkan penyakit kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *