TAMU DARI TIMOR LESTE

IMG_20151022_145952Kemarin siang (Kamis, 22/10) Kecamatan Sleman memperoleh kunjungan dari delegasi Negara Timor Leste yang bermaksud memperoleh informasi tentang penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Sleman. Delegasi Negara Timor Leste berkunjung ke Kecamatan Sleman didampingi oleh Bapak Pranama (Bappeda Kab. Sleman) dan Bapak Sigit Indarto (BKBPMPP Kab. Sleman).

Rombongan tamu dengan Ketua Tim Delegasi Timor Leste, Arcangelo De Jesus Leite disambut oleh Sekretaris Kecamatan Sleman, Bapak Ikhsan Waluyo bersama para pengurus TPK Kecamatan Sleman dan pengurus TPK Desa se-Kecamatan Sleman. Sekcam Sleman memaparkan upaya penanggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 s/d sekarang. Salah satu unggulan dari Kecamatan Sleman dalam penanggulangan kemiskinan adalah melalui kemitraan dengan CSR perusahaan di wilayah Kecamatan Sleman. Memang, wilayah Kecamatan Sleman banyak terdapat perusahaan baik pabrik maupun perbankan sehingga lebih memudahkan TPK untuk mengakses bantuan dana.

Pemaparan tentang kegiatan TPK Kecamatan Sleman dilanjutkan oleh TKSK Kecamatan Sleman, Ibu Rully Dwi Saputri yang memaparkan kegiatan penjangkauan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Pendamping PKH yang terdiri dari Ibu Eny Rachmawati dan Ibu Ully Umayah juga memaparkan kegiatan PKH yang banyak berkutat dalam penanggulangan kemiskinan berbasis keluarga.

IMG_20151022_132855Pertemuan lebih banyak pertanyaan dari delegasi Timor Leste sehingga suasana diskusi lebih hidup. Tanggapan yang bersifat memberikan pencerahan diberikan oleh TPK Kecamatan maupun TPK Desa dengan maksud ilmu dari Kecamatan Sleman yang belum seberapa dapat diterapkan oleh Negara Timor Leste dalam penanggulangan kemiskinan di daerahnya.

TPK Desa Caturharjo yang diwakili oleh Bapak Banawa memberikan masukan kepada negara Timor Leste tentang upaya meraup dana dari CSR Perusahaan yang terbukti sukses dilaksanakan oleh TPK Kecamatan Sleman dan TPK Desa Caturharjo. Faktor leadership dari pimpinan wilayah menjadi faktor penting dalam penentuan keberhasilan mengakses dana CSR perusahaan. Pimpinan wilayah yang dalam hal ini Camat harus berani turun langsung menemui pimpinan perusahaan di wilayahnya untuk menjelaskan arti penting TPK dan program kerja TPK yang tentunya harus membawa data valid mengenai kemiskinan di wilayah Kecamatan Sleman. Kepala Desa juga memiliki peranan penting dalam penanggulangan kemiskinan terkait komitmen perusahaan terhadap warga disekitarnya.

Sorotan arti penting data yang valid sebagai dasar penentuan program kerja penanggulangan kemiskinan juga dipertajam oleh TPK Desa Pandowoharjo yang diwakili oleh Bapak Bharoto Anung. Data valid akan memberikan efek positif karena memudahkan perencanaan dan mengurangi resiko tidak tersasarnya warga miskin dalam penanggulangan kemiskinan.

IMG_20151022_145454Kunjungan diakhiri dengan pemberian cindera mata berupa kain tenun dan kopi asli Timor Leste yang diserahkan oleh perwakilan delegasi yang diterima oleh Sekcam Sleman. Usai serah terima cendera mata dilanjutkan dengan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *