TIM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (TPK) KECAMATAN SLEMAN

Setelah di tahun 2012 yang lalu Kecamatan Sleman “sukses” meraih penghargaan sebagai juara umum pada “TPK Award” tentu saja perlu langkah dan program nyata dalam menyongsong tahun 2013 ini.
Adapun program kerja TPK Kecamatan Sleman tahun 2013 antara lain:
Bedah rumah, Pelatihan life skill, Pengobatan Gratis, Khitanan Massal, Beasiswa Pendidikan, Hadiah untuk prestator Tingkat Kabupaten/Propinsi untuk Siswa SD, SMP, dan SMA.
Setidaknya terdapat 2 (dua) tim dalam menjalankan program-program TPK Kecamatan Sleman. Tim yang dimaksud adalah satu tim fokus terhadap penanggulangan kemiskinan melalui program langsung, seperti bedah rumah, pengobatan massal, pelatihan ketrampilan,khitanan massal, dll.
Sedangkan satu tim lainnya lebih bersifat pemberdayaan masyarakat, yaitu Pemberdayaan Ekonomi Kreatif
dimana TPK Kecamatan Sleman berusaha mengkomunikasikan Pengusaha besar dengan Usaha Menengah/kecil dengan menjadi “Bapak Angkat”. Adapun ada dua perusahaan besar yang telah digandeng oleh TPK Kecamatan Sleman sebagai “Bapak Angkat” pengusaha menengah/kecil yaitu Pertamina Semarang dan PT Angkasapura Yogyakarta.
Program ekonomi kreatif merupakan program ungulan teranyar dari TPK Kecamatan Sleman yang bertujuan untuk lebih menggerakkan roda perekonomian yang selama ini telah berjalan, namun masih kurang maksimal. Sejauh ini sudah ada 15 (lima belas) perusahaan di Kecamatan Sleman yang berkomitmen dalam pemberdayaan ekonomi kreatif.
Di tingkat desa pun tidak kalah sigap dalam membaca peluang. Telah terbentuk Forum Komunikasi Kemitraan Pengusaha se-Desa Caturharjo yang menjadi ujung tombak dalam pemberdayaan masyarakat khususnya Desa caturharjo. Kejelian TPK Desa Caturharjo dalam merangkul setidaknya 31 (tiga puluh satu) perusahaan di Desa Caturharjo diharapkan mampu meredam angka kemiskinan yang hingga tahun 2013 ini masih yang tertinggi di Kecamatan Sleman.
Perkembangan TPK Kecamatan Sleman di tahun 2013 ini antara lain sedang menyelesaikan Program Bedah Rumah di 5 (lima) desa
yang dimulai sejak bulan November 2012, hasil bantuan dari Kantor Pusat PT (Persero) Pegadaian sebesar Rp 53.000.000,-.
Awalnya bantuan tersebut hanya akan dialokasikan untuk 5 (lima) rumah, namun oleh TPK Kecamatan Sleman dikembangkan menjadi 8
(delapan) rumah dengan tambahan dana dari kas TPK Kecamatan Sleman sebesar Rp 4.000.000,-. Sehingga untuk Program Bedah Rumah
tahap ke dua ini TPK Kecamatan Sleman mengalokasikan dana Rp 57.000.000,-
Perkembangan yang lain adalah bahwa TPK Kecamatan Sleman bekerjasama dengan TPK Desa Caturharjo dan Desa Tridadi telah berkomitmen dengan perusahaan-perusahaan di wilayah desa masing-masing, untuk turut serta dalam program penanggulangan kemiskinan.
Dalam pertemuan antara TPK Kecamatan Sleman, TPK Desa Caturharjo, dengan perusahaan-perusahaan di Desa Caturharjo pada Selasa, 18 Februari 2013 berhasil mengumpulkan bantuan dengan nilai nominal sebesar Rp 171.949.005,-. Jumlah tersebut dapat meningkat dikarenakan ada perusahaan yang akan langsung menyampaikan bantuan kepada TPK Desa Caturharjo.
Pertemuan berikutnya antara TPK Kecamatan Sleman, TPK Desa Tridadi, dengan perusahaan-perusahaan di Desa Tridadi pada Kamis,
21 Februari 2013 menghasilkan kesepakatan bahwa perusahaan-perusahaan berkomitmen dalam penanggulangan kemiskinan.
Menanggapi komitmen dengan perusahaan-perusahaan tersebut, pada saat ini TPK Desa Caturharjo dan TPK Desa Tridadi sedang
mengajukan proposal penanggulangan kemisinan kepada perusahaan-perusahaan tersebut.
TPK Kecamatan Sleman juga pada saat ini telah mengajukan proposal kepada perusahaan-perusahaan mitra TPK Kecamatan Sleman, guna menjalankan program-program tahun 2013 ini. Diharapkan dengan adanya kemitraan dengan perusahaan-perusahaan di Kecamatan Sleman setidaknya dapat meraih total ekuivalen nilai uang sebesar Rp 325.000.000,- guna menjalankan program di tahun 2013 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *